Selamat dan Sukses atas Terpilihnya
Ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Pembangunan
Selamat dan Sukses Atas Pelantikan
Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih Periode 2021 - 2026
Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. Fadly, SE.,M.Si
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih Periode 2021 - 2026
Webinar Peluang dan Tantangan Bank Syariah Indonesia (BSI) Sebagai Bank Syariah Terbesar di Indonesia
Akreditas Program Studi Ekonomi Pembangunan 2020 - 2025
Rektor USU terpilih Periode 2021 - 2026
Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si
Webinar Kolaborasi Prodi Ekonomi Pembangunan PTN Se Sumatera
Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Sekitarnya
Webinar Nasional : Indonesian Economic Overview 2020 and 2021
Workshop Pelatihan Penelitian Mahasiswa
E - Workshop Peningkatan Kompetensi Penelitian
KULIAH UMUM APBN 2018
APBN 2018:PEMANTAPAN PENGELOLAAN FISKAL UNTUK MENGAKSELERASIKAN PERTUMBUHAN YANG BERKEADILAN
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP
KULIAH UMUM PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL DAN DOMESTIK
Kuliah Umum oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia - Badan Kebijakan Fiskal Disampaikan oleh: Ritha Helbra Tenrini, dengan tema Perkembangan Ekonomi Global dan Domestik. 5 September 2017 di Gedung Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP
Foto Berama Prodi dan HMD EP
BANCH MARKING PSPPR UGM
Banch Marking ke Pusat Study Perencanaan Pembangunan Regional UGM
Workshop and MOU University of Groningen
Kerja sama di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perkebunan di Sumut
KULIAH UMUM PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL DAN DOMESTIK
Disampaikan oleh: Ritha Helbra Tenrini, dengan tema Perkembangan Ekonomi Global dan Domestik. 5 September 2017 di Gedung Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP

Berita dan Kegiatan

Pengumuman dan Agenda

Agenda

No upcoming event!

Uncategorised


 

Penjamin mutu (quality assurance) merupakan proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan. Penjamin mutu ini akan membuat para pemangku kepentingan (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, dan pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Mutu Pendidikan di USU bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan USU mampu secara terus menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di USU juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana, prasarana, organisasi dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas). Sistem Penjamin Mutu Akademik di USU dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa Sistem Penjaminan Mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam spesifikasi Departemen. Dengan demikian Universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman mengajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi Departemen. 

 

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik di Universitas Sumatera Utara dilaksanakan secara berjenjang yaitu pada tingkat Universitas, Fakultas, Departemen serta Unit Penunjang lainnya sesuai dengan Buku Pedoman Sistem Manajemen Mutu USU, yang di dalamnya berisi kebijakan mutu, organisasi, tanggung jawab dan wewenang, Manual Mutu Akademik, serta Manual Prosedur. 

Pada tingkat Fakultas dirumuskan Kebijakan Akademik Fakultas, Standar Akademik Fakultas, dan Buku Manual Mutu Akademik Fakultas, serta dilakukan Audit Mutu Akademik Departemen.

Kebijakan Mutu Universitas Sumatera Utara dinyatakan sebagai berikut: USU siap melaksanakan usaha perbaikan mutu secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat hingga mencapai atau melebihi standar mutu untuk memberikan kepuasan kepada stakeholders secara dinamis.

Untuk menindaklanjuti Sistem Penjaminan Mutu Tinggi di lingkungan Universitas Sumatera Utara, di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dibentuk Gugus Kendali Mutu (GKM). Penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan secara menyeluruh mengacu kepada arah penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan USU. Diantaranya otonomi pengembangan pendidikan yang terus menerus kepada fakultas  dan  departemen  serta unit-unit terkait.  Pengembangan  ini diaktualisasikan dalam bentuk akuntabilitas dan akreditasi berdasarkan evaluasi diri dalam rangka mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan dan dikembangkan. Untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan diperlukan suatu proses pembelajaran yang bermutu baku yang terukur yang mengacu kepada RAISE ++, yaitu Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organisation, Sustainability and Efficiency, Leadership, Equity, Accessability,and Partnership.


Atas dasar pemikiran tersebut disusunlah Kebijakan Akademik Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU dengan mengacu kepada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Undang-Undang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi nomor 18 tahun 2002, serta Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP IV 2003-2010) untuk mencapai kompetensi serta kesantunan melalui akreditasi dan proses evaluasi diri. Tim Gugus Kendali Mutu Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU telah menyusun dokumen Kebijakan Akademik  untuk memberikan pedoman dan arah bagi penyelenggaraan kehidupan akademik di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU. Dalam rangka menentukan sasaran-sasaran akademik yang ingin dicapai Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU pedoman ini diturunkan dari visi dan misi Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU. Kebijakan Akademik ini merupakan Dokumen Akademik yang digunakan dalam menyusun Standar Akademik yang dilengkapi dengan Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan harus dikembangkan terus secara berkelanjutan oleh Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU dalam kehidupan akademik yang unggul dan memiliki daya saing dalam dunia Internasional.

 

SISTEM PENJAMINAN MUTU

 

Penjamin mutu (quality assurance) merupakan proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan. Penjamin mutu ini akan membuat para pemangku kepentingan (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, dan pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Mutu Pendidikan di USU bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan USU mampu secara terus menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di USU juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana, prasarana, organisasi dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas). Sistem Penjamin Mutu Akademik di USU dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa Sistem Penjaminan Mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam spesifikasi Departemen. Dengan demikian Universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman mengajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi Departemen. 

 

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik di Universitas Sumatera Utara dilaksanakan secara berjenjang yaitu pada tingkat Universitas, Fakultas, Departemen serta Unit Penunjang lainnya sesuai dengan Buku Pedoman Sistem Manajemen Mutu USU, yang di dalamnya berisi kebijakan mutu, organisasi, tanggung jawab dan wewenang, Manual Mutu Akademik, serta Manual Prosedur. 

Pada tingkat Fakultas dirumuskan Kebijakan Akademik Fakultas, Standar Akademik Fakultas, dan Buku Manual Mutu Akademik Fakultas, serta dilakukan Audit Mutu Akademik Departemen.

Kebijakan Mutu Universitas Sumatera Utara dinyatakan sebagai berikut: USU siap melaksanakan usaha perbaikan mutu secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat hingga mencapai atau melebihi standar mutu untuk memberikan kepuasan kepada stakeholders secara dinamis.

Untuk menindaklanjuti Sistem Penjaminan Mutu Tinggi di lingkungan Universitas Sumatera Utara, di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dibentuk Gugus Kendali Mutu (GKM). Penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan secara menyeluruh mengacu kepada arah penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan USU. Diantaranya otonomi pengembangan pendidikan yang terus menerus kepada fakultas  dan  departemen  serta unit-unit terkait.  Pengembangan  ini diaktualisasikan dalam bentuk akuntabilitas dan akreditasi berdasarkan evaluasi diri dalam rangka mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan dan dikembangkan. Untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan diperlukan suatu proses pembelajaran yang bermutu baku yang terukur yang mengacu kepada RAISE ++, yaitu Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organisation, Sustainability and Efficiency, Leadership, Equity, Accessability,and Partnership.


Atas dasar pemikiran tersebut disusunlah Kebijakan Akademik Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU dengan mengacu kepada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Undang-Undang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi nomor 18 tahun 2002, serta Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP IV 2003-2010) untuk mencapai kompetensi serta kesantunan melalui akreditasi dan proses evaluasi diri. Tim Gugus Kendali Mutu Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU telah menyusun dokumen Kebijakan Akademik FT USU untuk memberikan pedoman dan arah bagi penyelenggaraan kehidupan akademik di FT USU. Dalam rangka menentukan sasaran-sasaran akademik yang ingin dicapai Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU pedoman ini diturunkan dari visi dan misi Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU. Kebijakan Akademik ini merupakan Dokumen Akademik yang digunakan dalam menyusun Standar Akademik yang dilengkapi dengan Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan harus dikembangkan terus secara berkelanjutan oleh Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU dalam kehidupan akademik yang unggul dan memiliki daya saing dalam dunia Internasional.

 

 

Sebagai salah satu tugas penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Ekonomi Pembangunan telah melakukan beberapa kerja sama dengan Pemerintah, Bisnis dan Masyarakat dalam bentuk Pengabdian Masyarakat. Beberapa kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Prodi Ekonomi Pembangunan adalah:

 

1. KLINIK BISNIS (KLIBI) KOTA TEBING TINGGI

 

klibi kerjasama

 

Kerja sama Pengembangan UMKM di Kota Tebingtinggi dilaksanakan selama 3 tahun yaitu tahun 2012 - 2015.

Website KLIBI Kota Tebing Tinggi : http://www.klibitebingtinggi.com

 

2. KAFE BAGA

 

kafebaga

 

Kafe BAGA merupakan suatu wadah dalam Program Pengembangan Kewirausahaan di FEB USU yang membawa mahasiswa/i bersama-sama dari berbagai departemen dan program studi dalam upaya untuk menghasilkan ide-ide bisnis baru dan kesempatan bagi anggotanya. Tiga orang dosen Prodi Ekonomi Pembangunan: Wahyu Ario Pratomo, Haroni Doli H. Ritonga, dan Walad Altsani H. Ritonga mengembangkan kerja sama dengan Kafe BAGA untuk mengembangkan minat dan bisnis mahasiswa baik dari FEB USU maupun dari institusi pendidikan lainnya di Sumatera Utara.

Website KAFE BAGA dapat dilihat pada link berikut: http://kafebaga.blogspot.co.id/p/home.html

 

3. PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN KAMPUS

Prodi Ekonomi Pembangunan FEB USU mendorong bertumbuhkembangnya mahasiswa yang berkeinginan untuk menjadi wirausaha agar dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah. Untuk itu, sejumlah kerja sama telah dilakukan dengan beberapa universitas, agar mahasiswa dapat merubah paradigma berfikirnya, tidak lagi mengejar pekerjaan sebagai PNS atau karyawan di perusahaan. Indonesia sangat membutuhkan lebih banyak Wirausaha agar dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

 

a. Workshop Kewirausahaan dengan STIE Mikroskil Medan

 

Seminar dilaksanakan di STIE Mikroskil pada tanggal 22 Desember 2013. Program ini diikuti sekitar 200 mahasiswa dengan mentor dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Walad Altsani, SE, M.Ec

 

 

 

Page 3 of 4

Free Joomla! templates by AgeThemes