Selamat dan Sukses atas Terpilihnya
Ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Pembangunan
Selamat dan Sukses Atas Pelantikan
Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih Periode 2021 - 2026
Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. Fadly, SE.,M.Si
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih Periode 2021 - 2026
Webinar Peluang dan Tantangan Bank Syariah Indonesia (BSI) Sebagai Bank Syariah Terbesar di Indonesia
Akreditas Program Studi Ekonomi Pembangunan 2020 - 2025
Rektor USU terpilih Periode 2021 - 2026
Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si
Webinar Kolaborasi Prodi Ekonomi Pembangunan PTN Se Sumatera
Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Sekitarnya
Webinar Nasional : Indonesian Economic Overview 2020 and 2021
Workshop Pelatihan Penelitian Mahasiswa
E - Workshop Peningkatan Kompetensi Penelitian
KULIAH UMUM APBN 2018
APBN 2018:PEMANTAPAN PENGELOLAAN FISKAL UNTUK MENGAKSELERASIKAN PERTUMBUHAN YANG BERKEADILAN
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP
KULIAH UMUM PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL DAN DOMESTIK
Kuliah Umum oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia - Badan Kebijakan Fiskal Disampaikan oleh: Ritha Helbra Tenrini, dengan tema Perkembangan Ekonomi Global dan Domestik. 5 September 2017 di Gedung Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP
Foto Berama Prodi dan HMD EP
BANCH MARKING PSPPR UGM
Banch Marking ke Pusat Study Perencanaan Pembangunan Regional UGM
Workshop and MOU University of Groningen
Kerja sama di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perkebunan di Sumut
KULIAH UMUM PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL DAN DOMESTIK
Disampaikan oleh: Ritha Helbra Tenrini, dengan tema Perkembangan Ekonomi Global dan Domestik. 5 September 2017 di Gedung Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP

Berita dan Kegiatan

Pengumuman dan Agenda

Agenda

No upcoming event!

Uncategorised

Dalam rangka meningkatkan pelayanan akademik bagi almamater, Alumni Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara memberikan sumbangan berbentuk:

1. Air Conditioner 

2. Meja Rapat

3. Televisi

4. Printer

5. High Speed Scanner

6. Buku Ekonomi Terkini

7. Komputer

 

Sumbangan diserahkan oleh beberapa angkatan kelulusan sebagai tanda peduli terhadap Prodi S1 Ekonomi Pembangunan kepada Ketua Departemen, Sekretaris Departemen, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

20130309 133505  20130309 133354

 

Seiring dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang sarat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seyogyanya kurikulum melakukan upaya perubahan, pengembangan dan inovasi terhadap tuntutan tersebut.Sebuah keniscayaan bila kurikulum terus hadir dengan pola-pola perubahan sebagai hasil dari pemikiran masyarakat, karena “pengguna” kurikulum pada akhirnya juga masyarakat.

 

Respon terhadap perubahan kurikulum tersebut dapat dilihat dari banyaknya aturan yang memayungi penerapan kurikulum baru, misalnya lahirnya UUndang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kebijakan tentang implementasi kurikulum 2013, lahirnya Undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (baca: KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Implikasi Kebijakan tersebut secara tidak langsung berdampak pada pola perubahan kurikulum setiap program studi bahkan penyesuaian materi ajar (content) yang akan disampiakan kepada mahasiswa.

KKNI sendiri merupakan kerangka acuan minimal yang menjadi ukuran, pengakuan penjenjangan pendidikan yang dilakukan. KKNI juga disebut sebagai kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

 

Dalam perspektif KKNI, setiap program studi diharuskan memperjelas “profil lulusan” yang diharapkan melalui kegiatan pelacakan studi, studi kelayakan dan analisis kebutuhan di masyarakat. Profil lulusan mencerminkan kemampuan minimal yang harus dikuasai mahasiswa setelah lulus yang merujuk pada empat aspek kebutuhan (1) sikap (attitude), (2) bidang kemampuan kerja, (3) pengetahuan, dan (4) manajerial dan tanggung jawab. Keempat kemammpuan kemudian harus dijabarkan ke dalam sebuah capaian pembelajaran (learning outcome) pada setiap mata kuliah di program studi. Sehingga nantinya, semua perencanaan pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Semester (RPS) harus didasarkan pada capaian pembelajaran (Learning Outcome) yang sesuai dengan kebutuhan profil lulusan.

 

Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FEB USU telah menyusun Profil Lulusan berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT. Tujuannya adalah menyusun kurikulum yang memberikan kompetensi lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar dan sesuai dengan standar KKNI dan SNPT. Profil Lulusan dapat diunduh pada link berikut (Download)

 

wisuda

 

 

 

Prodi Ekonomi Pembangunan FEB USU telah melakukan tracer study sejak tahun 2007. Pelacakan alumni dilakukan secara multimoda (telepon, e-mail, fax, langsung/tatap muka, form elektronik) dan responden diwawancara atau mengisi sendiri kuesioner yang telah disusun. Semenjak tahun 2010, Prodi Ekonomi Pembangunan telah menggunakan cara yang relatif lebih mudah yakni dengan memasukkan form alumni elektronik di dalam website Prodi (http://ep.usu.ac.id). Tujuannya adalah agar alumni lebih mudah untuk mengisi form alumni yang telah disiapkan. Berbagai cara dilakukan agar alumni mau berpartisipasi dalam pengisian form elektronik seperti melalui facebook alumni atau media sosial lainnya. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan teknik ini cukup menggembirakan. Pada Desember 2014, jumlah alumni yang telah berpartisipasi mengisi kuesioner sebanyak 96 orang, sedangkan hingga September 2015 jumlah yang telah mengisi telah mencapai 180 orang.

 

Dari hasil tracer study diperoleh informasi sebagai berikut:  (Untuk Dokumen Hasil Tracer Study Download)

 

 

 

 

 

 

 

Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa

Rekrutmen mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan dilakukan setiap tahun melalui proses seleksi. Seleksi calon mahasiswa baru dilakukan melalui empat jalur yaitu melalui jalur undangan, melalui ujian tulis masuk perguruan tinggi yang disebut dengan Ujian Masuk Bersama (UMB), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Program Mandiri (melalui ujian mandiri).

Rasio jumlah mahasiswa yang melamar dengan yang diterima sejak Program Studi Ekonomi Pembangunan mulai menerima mahasiswa baru (lima tahun terakhir) adalah bervariasi. Jumlah calon mahasiswa peminat Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam kurun waktu lima tahun terakhir tetap tinggi dan masih jauh di atas daya tampung.

 

 

Profil Mahasiswa

Mahasiswa baru yang diterima pada Program Studi Ekonomi Pembangunan tidak hanya berasal dari Pulau Sumatera, akan tetapi juga berasal dari pulau lain. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, mahasiswa yang diterima pada Program Studi Ekonomi Pembangunan berasal dari seluruh kawasan Indonesia.

 

 

 

Mahasiswa baru yang diterima pada Program Studi Ekonomi Pembangunan lebih banyak berasal dari kota (pemerintahan kota) dibanding dengan yang berasal dari kabupaten. Hal ini menggambarkan bahwa minat calon mahasiswa yang berdomisili di kota memasuki Program Studi Ekonomi Pembangunan relatif tinggi.

 

 

Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan secara akademik adalah baik. Mayoritas IPK mahasiswa berada pada kisaran IP 3,0 – 3,50. Sementara untuk IP rata-rata setiap semesternya berfluktuasi, namun ada kecenderungan IP mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan mengalami tren meningkat.

 

 

LULUSAN

Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB-USU telah mempunyai ribuan lulusan atau alumni yang tersebar di seluruh tanah air bahkan di luar negeri. Para alumni ini telah dan sedang bekerja pada berbagai instansi baik instansi pemerintahan, instansi swasta maupun instansi asing di dalam dan di luar negeri.

 

Lulusan atau alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan dapat bersaing dan setara dengan para lulusan universitas terkemu di Indonesia. Dari kajian tidak langsung yang dilakukan oleh Program Studi melalui program pelacakan alumni, didapati bahwa para lulusan atau alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan banyak yang berkerja dalam bidang pemerintahan baik pusat maupun daerah yakni sebagai tenaga ahli perencana pembangunan nasional dan juga pembangunan wilayah. Sebagian yang lain pula bekerja pada lembaga keuangan dan perbankan (konvensional dan syariah), perkebunan, industri, telekomunikasi dan lain-lain.

 

 

Waktu Penyelesaian Studi

Profil lulusan berdasarkan tahun masuk dan lama studi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan sampai dengan Desember 2014adalah baik dengan rata-rata lama studi 48,4 bulan atau sekitar empat tahun satu bulan. Secara umum lama masa studi mahasiswa sesuai dengan waktu normal masa studi yang ditetapkan yakni 4 (empat) tahun. Lama studi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam empat tahun terakhir menunjukkan trend menurun dari 51 bulan menjadi 48,4 bulan.

 

 

Total lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan selama 5 tahun terakhir sebanyak 503 orang dengan rata-rata IPK 3,31. Berdasarkan kondisi 5 tahun terakhir, terjadi peningkatan IPK lulusan dan penurunan lama studi di Program Studi. Kondisi ini menujukkan bahwa adanya peningkatan kemajuan dan keberhasilan studi mahasiswa. Program Studi Ekonomi Pembangunan telah menetapkan berbagai langkah dan kebijakan agar prestasi ini tetap tercapai secara berkesinambungan sehingga profil IPK lulusan terus meningkat.

 

 

Dari pelacakan alumni melalui website ini diperoleh informasi yang penting bagi Program Studi seperti rata-rata waktu menunggu mendapat kerja. Hasil pelacakan alumni menunjukkan rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 3,4 bulan.

 

 

 


 

Penjamin mutu (quality assurance) merupakan proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan. Penjamin mutu ini akan membuat para pemangku kepentingan (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, dan pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Mutu Pendidikan di USU bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan USU mampu secara terus menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di USU juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana, prasarana, organisasi dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas). Sistem Penjamin Mutu Akademik di USU dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa Sistem Penjaminan Mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam spesifikasi Departemen. Dengan demikian Universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman mengajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi Departemen. 

 

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik di Universitas Sumatera Utara dilaksanakan secara berjenjang yaitu pada tingkat Universitas, Fakultas, Departemen serta Unit Penunjang lainnya sesuai dengan Buku Pedoman Sistem Manajemen Mutu USU, yang di dalamnya berisi kebijakan mutu, organisasi, tanggung jawab dan wewenang, Manual Mutu Akademik, serta Manual Prosedur. 

Pada tingkat Fakultas dirumuskan Kebijakan Akademik Fakultas, Standar Akademik Fakultas, dan Buku Manual Mutu Akademik Fakultas, serta dilakukan Audit Mutu Akademik Departemen.

Kebijakan Mutu Universitas Sumatera Utara dinyatakan sebagai berikut: USU siap melaksanakan usaha perbaikan mutu secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat hingga mencapai atau melebihi standar mutu untuk memberikan kepuasan kepada stakeholders secara dinamis.

Untuk menindaklanjuti Sistem Penjaminan Mutu Tinggi di lingkungan Universitas Sumatera Utara, di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dibentuk Gugus Kendali Mutu (GKM). Penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan secara menyeluruh mengacu kepada arah penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan USU. Diantaranya otonomi pengembangan pendidikan yang terus menerus kepada fakultas  dan  departemen  serta unit-unit terkait.  Pengembangan  ini diaktualisasikan dalam bentuk akuntabilitas dan akreditasi berdasarkan evaluasi diri dalam rangka mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan dan dikembangkan. Untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan diperlukan suatu proses pembelajaran yang bermutu baku yang terukur yang mengacu kepada RAISE ++, yaitu Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organisation, Sustainability and Efficiency, Leadership, Equity, Accessability,and Partnership.


Atas dasar pemikiran tersebut disusunlah Kebijakan Akademik Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU dengan mengacu kepada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Undang-Undang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi nomor 18 tahun 2002, serta Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP IV 2003-2010) untuk mencapai kompetensi serta kesantunan melalui akreditasi dan proses evaluasi diri. Tim Gugus Kendali Mutu Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU telah menyusun dokumen Kebijakan Akademik  untuk memberikan pedoman dan arah bagi penyelenggaraan kehidupan akademik di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU. Dalam rangka menentukan sasaran-sasaran akademik yang ingin dicapai Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU pedoman ini diturunkan dari visi dan misi Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU. Kebijakan Akademik ini merupakan Dokumen Akademik yang digunakan dalam menyusun Standar Akademik yang dilengkapi dengan Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan harus dikembangkan terus secara berkelanjutan oleh Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU dalam kehidupan akademik yang unggul dan memiliki daya saing dalam dunia Internasional.

 

Page 2 of 4

Free Joomla! templates by AgeThemes