Lokakarya

Workshop Pengembangan Softskill

 

Visi Departemen Ekonomi Pembangunan yaitu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan inovasi. Untuk mewujudkan visi ini maka diperlukan pengembangan hard skills dan soft skills secara terencana, sinergis, sistematis, dan berkesinambungan. Hard skills adalah keterampilan yang bersifat teknis, visible, dan immediate, sedangkan soft skills adalah keterampilan yang bersifat non teknis, invisible, dan unimmediate.

Pengembangan soft skills dapat dilakukan melalui kegiatan kurikuler (akademik) maupun kegiatan ekstrakurikuler (kemahasiswaan). Seperti diuraikan di muka, pengembangan softskills melalui kegiatan kurikuler di perguruan tinggi rata-rata hanya berkisar sekitar 10%. Oleh karena itu perlu dukungan pengembangan softskills melalui kegiatan ekstrakurikuler (kegiatan kemahasiswaan).

 

DSC05565

 

Workshop pengembangan soft skills mahasiswa Departemen Ekonomi Pembangunan ini bertujuan untuk memberikan acuan dalam merealisasikan usaha mendukung pengembangan soft skills di Prodi Ekonomi Pembangunan FE USU melalui kegiatan kemahasiswan (ekstrakurikuler).

Kegiatan Workshop Pengembangan Softskill Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan FE USU diselenggarakan oleh Departemen Ekonomi Pembangunan FE USU dilaksanakan tanggal 16 Nopember 2013. Kegiatan pelatihan dilaksanakan Aula Fakultas Ekonomi USU.

Hadir sebagai pembicara adalah:

1. Wahyu Ario Pratomo, Ketua Departemen Ekonomi Pembangunan FE USU

2. Alfi Nura, SE, M.Si, Pakar Komunikasi (Universitas Negeri Medan)

3. Filiadina, S.Psi, M.Psi (Fakultas Psikologi USU)

 

Materi Pembicara 1 (PDF)

Materi Pembicara 2 (PDF)

Materi Pembicara 3 (PDF)