Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat

 

Sebagai salah satu tugas penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Ekonomi Pembangunan telah melakukan beberapa kerja sama dengan Pemerintah, Bisnis dan Masyarakat dalam bentuk Pengabdian Masyarakat. Beberapa kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Prodi Ekonomi Pembangunan adalah:

 

1. KLINIK BISNIS (KLIBI) KOTA TEBING TINGGI

 

klibi kerjasama

 

Kerja sama Pengembangan UMKM di Kota Tebingtinggi dilaksanakan selama 3 tahun yaitu tahun 2012 - 2015.

Website KLIBI Kota Tebing Tinggi : http://www.klibitebingtinggi.com

 

2. KAFE BAGA

 

kafebaga

 

Kafe BAGA merupakan suatu wadah dalam Program Pengembangan Kewirausahaan di FEB USU yang membawa mahasiswa/i bersama-sama dari berbagai departemen dan program studi dalam upaya untuk menghasilkan ide-ide bisnis baru dan kesempatan bagi anggotanya. Tiga orang dosen Prodi Ekonomi Pembangunan: Wahyu Ario Pratomo, Haroni Doli H. Ritonga, dan Walad Altsani H. Ritonga mengembangkan kerja sama dengan Kafe BAGA untuk mengembangkan minat dan bisnis mahasiswa baik dari FEB USU maupun dari institusi pendidikan lainnya di Sumatera Utara.

Website KAFE BAGA dapat dilihat pada link berikut: http://kafebaga.blogspot.co.id/p/home.html

 

3. PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN KAMPUS

Prodi Ekonomi Pembangunan FEB USU mendorong bertumbuhkembangnya mahasiswa yang berkeinginan untuk menjadi wirausaha agar dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah. Untuk itu, sejumlah kerja sama telah dilakukan dengan beberapa universitas, agar mahasiswa dapat merubah paradigma berfikirnya, tidak lagi mengejar pekerjaan sebagai PNS atau karyawan di perusahaan. Indonesia sangat membutuhkan lebih banyak Wirausaha agar dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

 

a. Workshop Kewirausahaan dengan STIE Mikroskil Medan

 

Seminar dilaksanakan di STIE Mikroskil pada tanggal 22 Desember 2013. Program ini diikuti sekitar 200 mahasiswa dengan mentor dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Walad Altsani, SE, M.Ec