Pengabdian Masyarakat

SISTEM JAMU

SISTEM PENJAMINAN MUTU

 

Penjamin mutu (quality assurance) merupakan proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan. Penjamin mutu ini akan membuat para pemangku kepentingan (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, dan pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Mutu Pendidikan di USU bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan USU mampu secara terus menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di USU juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana, prasarana, organisasi dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas). Sistem Penjamin Mutu Akademik di USU dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa Sistem Penjaminan Mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam spesifikasi Departemen. Dengan demikian Universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman mengajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi Departemen. 

 

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik di Universitas Sumatera Utara dilaksanakan secara berjenjang yaitu pada tingkat Universitas, Fakultas, Departemen serta Unit Penunjang lainnya sesuai dengan Buku Pedoman Sistem Manajemen Mutu USU, yang di dalamnya berisi kebijakan mutu, organisasi, tanggung jawab dan wewenang, Manual Mutu Akademik, serta Manual Prosedur. 

Pada tingkat Fakultas dirumuskan Kebijakan Akademik Fakultas, Standar Akademik Fakultas, dan Buku Manual Mutu Akademik Fakultas, serta dilakukan Audit Mutu Akademik Departemen.

Kebijakan Mutu Universitas Sumatera Utara dinyatakan sebagai berikut: USU siap melaksanakan usaha perbaikan mutu secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat hingga mencapai atau melebihi standar mutu untuk memberikan kepuasan kepada stakeholders secara dinamis.

Untuk menindaklanjuti Sistem Penjaminan Mutu Tinggi di lingkungan Universitas Sumatera Utara, di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dibentuk Gugus Kendali Mutu (GKM). Penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan di Prodi S1 Ekonomi Pembangunan secara menyeluruh mengacu kepada arah penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan USU. Diantaranya otonomi pengembangan pendidikan yang terus menerus kepada fakultas  dan  departemen  serta unit-unit terkait.  Pengembangan  ini diaktualisasikan dalam bentuk akuntabilitas dan akreditasi berdasarkan evaluasi diri dalam rangka mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan dan dikembangkan. Untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan diperlukan suatu proses pembelajaran yang bermutu baku yang terukur yang mengacu kepada RAISE ++, yaitu Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organisation, Sustainability and Efficiency, Leadership, Equity, Accessability,and Partnership.


Atas dasar pemikiran tersebut disusunlah Kebijakan Akademik Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU dengan mengacu kepada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Undang-Undang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi nomor 18 tahun 2002, serta Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP IV 2003-2010) untuk mencapai kompetensi serta kesantunan melalui akreditasi dan proses evaluasi diri. Tim Gugus Kendali Mutu Prodi S1 Ekonomi Pembangunan FE USU telah menyusun dokumen Kebijakan Akademik FT USU untuk memberikan pedoman dan arah bagi penyelenggaraan kehidupan akademik di FT USU. Dalam rangka menentukan sasaran-sasaran akademik yang ingin dicapai Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU pedoman ini diturunkan dari visi dan misi Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU. Kebijakan Akademik ini merupakan Dokumen Akademik yang digunakan dalam menyusun Standar Akademik yang dilengkapi dengan Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan harus dikembangkan terus secara berkelanjutan oleh Prodi S1 Ekonomi Pembangunan USU dalam kehidupan akademik yang unggul dan memiliki daya saing dalam dunia Internasional.