Selamat dan Sukses atas Terpilihnya
Ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Pembangunan
Selamat dan Sukses Atas Pelantikan
Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih Periode 2021 - 2026
Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. Fadly, SE.,M.Si
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih Periode 2021 - 2026
Webinar Peluang dan Tantangan Bank Syariah Indonesia (BSI) Sebagai Bank Syariah Terbesar di Indonesia
Akreditas Program Studi Ekonomi Pembangunan 2020 - 2025
Rektor USU terpilih Periode 2021 - 2026
Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si
Webinar Kolaborasi Prodi Ekonomi Pembangunan PTN Se Sumatera
Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Sekitarnya
Webinar Nasional : Indonesian Economic Overview 2020 and 2021
Workshop Pelatihan Penelitian Mahasiswa
E - Workshop Peningkatan Kompetensi Penelitian
KULIAH UMUM APBN 2018
APBN 2018:PEMANTAPAN PENGELOLAAN FISKAL UNTUK MENGAKSELERASIKAN PERTUMBUHAN YANG BERKEADILAN
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP
KULIAH UMUM PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL DAN DOMESTIK
Kuliah Umum oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia - Badan Kebijakan Fiskal Disampaikan oleh: Ritha Helbra Tenrini, dengan tema Perkembangan Ekonomi Global dan Domestik. 5 September 2017 di Gedung Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP
Foto Berama Prodi dan HMD EP
BANCH MARKING PSPPR UGM
Banch Marking ke Pusat Study Perencanaan Pembangunan Regional UGM
Workshop and MOU University of Groningen
Kerja sama di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perkebunan di Sumut
KULIAH UMUM PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL DAN DOMESTIK
Disampaikan oleh: Ritha Helbra Tenrini, dengan tema Perkembangan Ekonomi Global dan Domestik. 5 September 2017 di Gedung Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi dan Bisnis
RAPAT KOORDINASI PRODI DAN HMD EP

Berita dan Kegiatan

Pengumuman dan Agenda

Agenda

No upcoming event!

Kuliah Umum PT. Bank Rakyat Indonesia

 

Pimpinan wilayah PT. BRI (Persero) Tbk Kantor Wilayah Medan Ebeneser Girsang mengatakan USU merupakan salah satu Universitas besar yang ada di Indonesia. Menurut sejarah, USU merupakan Universitas ke 7 yang didirikan di Indonesia, serta Universitas ke 5 dari 7 Univeritas yang ditetapkan sebagai Universitas PT-BHMN pada 2003. "Hal itu merupakan bukti bahwa USU adalah salah satu Universitas besar di Indonesia, dan kami akui bahwa selama ini PT. Bank BRI telah alpa terhadap USU", kata Ebeneser. Hal itu dikatakannya pada acara penandatanganan MoU dengan USU serta kuliah umum di ruang IMT-GT USU Lantai 2 kantor Biro rektor USU Jumat (27/6/14). Ebeneser lebih lanjut mengatakan kealpaan BRI seperti tidak adanya kantor cabang di USU dikarenakan belum adanya komunikasi antara kedua belah pihak. Maka dengan adanya penandatanganan MoU tersebut diharapkan PT. BRI dalam hal ini Kantor Wilayah Cabang Medan dapat memberikan yang terbaik bagi USU. Melalui program CSR tambahnya, Pt. BRI telah memberikan banyak bantuan berupa program kepada masyarakat. Khusus untuk Universitas saat ini BRI telah memberikan bantuan kepada Universitas tertentu seperti UI, ITB, Unair, dsb dalam bentuk pembangunan laboratorium bahasa, ruang pertemuan dan laboratorium teknologi. Diharapkan kedepannya USU akan juga mendapatkan bantuan-bantuan tersebut.

 

DSC 3177

 

Dalam kuliah umumnya Ebeneser mengatakan perbankan merupakan sektor yang mempunyai pengaruh besar dalam perekonomian suatu negara atau daerah, arena bank berfungsi sebagai lembaga perantara untuk menampung dana masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada kegiatan perekonomian yang bersifat produktif. Dalam hal ini lanjutnya BRI mempunyai penyaluran keuangan yang berbeda dengan bank lain dengan ciri bahwa dana masyarakat perkotaan mengalir ke masyarakat pedesaan untuk pembangunan yang lebih merata. "BRI selalu mendukung upaya pemerintah dalam pemberdayaan UMKM melalui program-program yang bersifat Pro-Growth, Pro-Job, pro-Poor, dan Pro-environment", jelas Ebeneser. Selain itu BRI pun memberi produk dan pelayanan yang sama baiknya kepada golongan pengusaha non UMKM khsusunya yang memberi trickle down effect bagi sektor UMKM. Pada kesempatan kuliah umum tersebut tak lupa Ebeneser membagi-bagikan hadiah berupa pulsa eletronik memakai account BRI serta penambahan saldo untuk pemegang ATM BRI.

 

DSC 3222

 

Sementara Wahyu Ario Pramono Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi USU yang juga moderator pada acara kuliah umum yang bertema Peran Perbankan Dalam Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara tersebut mengatakan bahwa munculnya PT. Bank Rakyat Indonesia memberikan dampak positif ekonomi bagi masyarakat khususnya di pedesaan. Menurut penelitian yang telah dilakukan pada 2001 BRI telah merubah habit masyarakat pedesaan di Indonesia tentang tata kelola keuangan. Walaupun masyarakat menganggap BRI adalah Bank pedesaan namun BRI adalah contoh Mikro Finance terbesar di dunia, katanya.

 

DSC 3241

Free Joomla! templates by AgeThemes