Seminar

Seminar Ekonomi Dies Natalis FE USU ke-53

 

Seminar Ekonomi menyambut Dies Natalis FE USU ke-53 dengan judul Peran Sivitas Akademi Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU dalam Menyambut MEA 2015 diselenggarakan pada tanggal 24 Nopember 2015. Sebagai pembicara tunggal dalam seminar ini adalah Agus Dwihandaya, Direktur Bank Syariah Mandiri. 

 

IMG 8914

 

 

Kompetisi pasti sangat ketat, lapangan kerja atau peluang kerja makin sempit bagi tenaga kerja. Pasti SDM berkualitas serta bibit unggul yang mampu bersaing," kata CFO& Direktur Jaringan Cabang Bank Syariah Mandiri, Agus Dwi Handaya. Peluang yang semakin sempit ini, kata Agus, semestinya membuat para mahasiswa khususnya mahasiswa FEB USU yang masih menempuh studi, semangat meningkatkan kemampuan diri.

 

IMG 8952


Mahasiswa harus memiliki keterampilan untuk siap berkompetisi secara terbuka dan tetap didukung oleh pemerintah. "SDM kita harus siap dalam posisi apa pun. Jangan pernah berhenti bermimpi, karena kesuksesan berawal dari mimpi," tuturnya Dalam seminar tersebut, Agus memaparkan lima tantangan bagi Indonesia untuk tumbuh berkelanjutan untuk memasuki MEA 2015. 5 tantangan bagi Indonesia dalam menghadapi MEA 2015 yakni Tantangan Inequality Development atau pembangunan yang belum merata, infrastruktur, Financial Inclusion (Akses layanan keuangan), Daya Saing SDM, serta Kualitas Pendidikan.

 

Dia mengingatkan, masalah ketenagakerjaan akan erat kaitannya dengan MEA 2015. Sebab para mahasiswa lulusan sarjana tentunya akan semakin tertantang masuk di dunia kerja yang kompetitif.  "Sudah banyak berlaku di Indonesia, orang asing bekerja di sini. Seharusnya, sektor mana pun jangan dilepas ke pekerja asing. Semua pekerjaan yang bisa dilakukan orang Indonesia, ayo kita lakukan! Jangan semua dilepas," tukasnya.

 

IMG 8958



Sementara itu, Dekan Fakultas FEB, Prof Dr Azhar Maksum dalam paparannya menyebutkan sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, FEB USU mengemban Tridharma Perguruan Tinggi (PT) untuk menjadikan kampus ini menjadi salah satu FEB terkemuka yang dikenal unggul dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam persaingan global.