Laporan Tracer Study

Mahasiswa dan Lulusan

Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa

Rekrutmen mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan dilakukan setiap tahun melalui proses seleksi. Seleksi calon mahasiswa baru dilakukan melalui empat jalur yaitu melalui jalur undangan, melalui ujian tulis masuk perguruan tinggi yang disebut dengan Ujian Masuk Bersama (UMB), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Program Mandiri (melalui ujian mandiri).

Rasio jumlah mahasiswa yang melamar dengan yang diterima sejak Program Studi Ekonomi Pembangunan mulai menerima mahasiswa baru (lima tahun terakhir) adalah bervariasi. Jumlah calon mahasiswa peminat Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam kurun waktu lima tahun terakhir tetap tinggi dan masih jauh di atas daya tampung.

 

 

Profil Mahasiswa

Mahasiswa baru yang diterima pada Program Studi Ekonomi Pembangunan tidak hanya berasal dari Pulau Sumatera, akan tetapi juga berasal dari pulau lain. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, mahasiswa yang diterima pada Program Studi Ekonomi Pembangunan berasal dari seluruh kawasan Indonesia.

 

 

 

Mahasiswa baru yang diterima pada Program Studi Ekonomi Pembangunan lebih banyak berasal dari kota (pemerintahan kota) dibanding dengan yang berasal dari kabupaten. Hal ini menggambarkan bahwa minat calon mahasiswa yang berdomisili di kota memasuki Program Studi Ekonomi Pembangunan relatif tinggi.

 

 

Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan secara akademik adalah baik. Mayoritas IPK mahasiswa berada pada kisaran IP 3,0 – 3,50. Sementara untuk IP rata-rata setiap semesternya berfluktuasi, namun ada kecenderungan IP mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan mengalami tren meningkat.

 

 

LULUSAN

Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB-USU telah mempunyai ribuan lulusan atau alumni yang tersebar di seluruh tanah air bahkan di luar negeri. Para alumni ini telah dan sedang bekerja pada berbagai instansi baik instansi pemerintahan, instansi swasta maupun instansi asing di dalam dan di luar negeri.

 

Lulusan atau alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan dapat bersaing dan setara dengan para lulusan universitas terkemu di Indonesia. Dari kajian tidak langsung yang dilakukan oleh Program Studi melalui program pelacakan alumni, didapati bahwa para lulusan atau alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan banyak yang berkerja dalam bidang pemerintahan baik pusat maupun daerah yakni sebagai tenaga ahli perencana pembangunan nasional dan juga pembangunan wilayah. Sebagian yang lain pula bekerja pada lembaga keuangan dan perbankan (konvensional dan syariah), perkebunan, industri, telekomunikasi dan lain-lain.

 

 

Waktu Penyelesaian Studi

Profil lulusan berdasarkan tahun masuk dan lama studi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan sampai dengan Desember 2014adalah baik dengan rata-rata lama studi 48,4 bulan atau sekitar empat tahun satu bulan. Secara umum lama masa studi mahasiswa sesuai dengan waktu normal masa studi yang ditetapkan yakni 4 (empat) tahun. Lama studi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam empat tahun terakhir menunjukkan trend menurun dari 51 bulan menjadi 48,4 bulan.

 

 

Total lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan selama 5 tahun terakhir sebanyak 503 orang dengan rata-rata IPK 3,31. Berdasarkan kondisi 5 tahun terakhir, terjadi peningkatan IPK lulusan dan penurunan lama studi di Program Studi. Kondisi ini menujukkan bahwa adanya peningkatan kemajuan dan keberhasilan studi mahasiswa. Program Studi Ekonomi Pembangunan telah menetapkan berbagai langkah dan kebijakan agar prestasi ini tetap tercapai secara berkesinambungan sehingga profil IPK lulusan terus meningkat.

 

 

Dari pelacakan alumni melalui website ini diperoleh informasi yang penting bagi Program Studi seperti rata-rata waktu menunggu mendapat kerja. Hasil pelacakan alumni menunjukkan rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 3,4 bulan.