Buku Pedoman Penulisan Skripsi & Ujian Komprehensif

Tata Pamong

      TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU

 

 

Sistem Tata Pamong

Transfromasi status USU menjadi entitas hukum menghendaki perubahan tata pamong yang lebih efektif, efisien, berkelanjutan dan akuntabel. Perubahan sistem tata pamong juga berlaku di Program Studi Ekonomi Pembangunan – Departemen Ekonomi Pembangunan. Dengan sistem tata pamong baru, diharapkan program studi menjadi program studi yang inovatif dimana seluruh aktivitasnya diarahkan kepada excellent academic performance sehingga menjadi suatu reputasi yang membanggakan bagi stakeholders.

Pelaksanaan tata pamong di Program Studi dan Departemen mengikuti prinsip-prinsip transparansi, demokrasi, bertanggung jawab dan adil didalam pengambilan keputusan. Legalitas eksistensi Program Studi dinyatakan dalam AD/ART USU. Legalitas ini sebagai landasan bahwa Program Studi kredibel dan tidak diragukan. Kebijakan di tingkat Program Studi didasarkan pada hasil rapat dosen dan disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika sehingga terwujud transparansi yang baik.

Sistem Pengelolaan

Perubahan USU menjadi PTN BH melalui PP. No. 16 tahun 2014, mengharuskan USU melakukan perubahan tata pamong yang lebih efektif, efisien, berkelanjutan dan akuntabel. Pengelolaan Fakultas dan Program Studi pada prinsipnya dilakukan secara integratif dan koordinatif. Dalam rangka pengembangan tata pamong yang baik tersebut, maka struktur organisasi yang terdapat dan terdokumentasi pada Program Studi adalah sebagai berikut:

 

struktur organisasi

Program Studi Ekonomi Pembangunan merupakan organ fakultas yang berfungsi melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam seperangkat bidang ilmu ekonomi.

Dalam melaksanakan fungsinya tersebut Program Studi memiliki tugas pokok:

a. bertanggung jawab dalam pengembangan dan perbaikan program studi secara berkelanjutan;
b. bertugas memobilisasi staf akademik untuk dimanfaatkan secara optimal;
c. membuat perencanaan pengembangan staf akademik.

 

Kepemimpinan

Program Studi Ekonomi Pembangunan mengembangkan dan menerapkan sistem kepemimpinan yang bersifat kolegial. Sistem ini pada prinsipnya berorientasi kepada kebersamaan. Oleh karena itu, setiap rencana kegiatan Program Studi selalu dibangun melalui pembahasan pada rapat-rapat Program Studi. Dengan demikian, proses akuntabilitas pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik karena dibangun melalui kesepakatan bersama.

Di samping itu kepemimpinan di Program Studi dibangun menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara inteltual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran dan tugas kepada seluruh unsur di Program Studi.

 

Sistem Pengelolaan

Dalam pengelolaannya, Program Studi Ekonomi Pembangunan telah menyusun rencana strategis (Renstra) untuk pengembangan Program Studi ke depan. Penyusunan renstra Program Studi ini menyesuaikan renstra yang telah dibuat oleh fakultas dan universitas. Dalam pencapaian rencana strategis tersebut, Ketua dan Sekretaris Program Studi akan memberikan penjelasannya pada rapat Program Studi sebagai bentuk dari monitoring. Selain itu, setiap semester Program Studi juga membuat laporan evaluasi diri (LED) yang dilaporkan kepada DIKTI melalui universitas. Di samping itu, Program Studi juga membuat informasi kegiatan melalui website sebagai bentuk keterbukaan terhadap publik.