Kurikulum Program Studi

Tata Pamong

      TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU

 

 

Sistem Tata Pamong

Transfromasi status USU menjadi entitas hukum menghendaki perubahan tata pamong yang lebih efektif, efisien, berkelanjutan dan akuntabel. Perubahan sistem tata pamong juga berlaku di Program Studi Ekonomi Pembangunan – Departemen Ekonomi Pembangunan. Dengan sistem tata pamong baru, diharapkan program studi menjadi program studi yang inovatif dimana seluruh aktivitasnya diarahkan kepada excellent academic performance sehingga menjadi suatu reputasi yang membanggakan bagi stakeholders.

Pelaksanaan tata pamong di Program Studi dan Departemen mengikuti prinsip-prinsip transparansi, demokrasi, bertanggung jawab dan adil didalam pengambilan keputusan. Legalitas eksistensi Program Studi dinyatakan dalam AD/ART USU. Legalitas ini sebagai landasan bahwa Program Studi kredibel dan tidak diragukan. Kebijakan di tingkat Program Studi didasarkan pada hasil rapat dosen dan disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika sehingga terwujud transparansi yang baik.

Sistem Pengelolaan

Perubahan USU menjadi PTN BH melalui PP. No. 16 tahun 2014, mengharuskan USU melakukan perubahan tata pamong yang lebih efektif, efisien, berkelanjutan dan akuntabel. Pengelolaan Fakultas dan Program Studi pada prinsipnya dilakukan secara integratif dan koordinatif. Dalam rangka pengembangan tata pamong yang baik tersebut, maka struktur organisasi yang terdapat dan terdokumentasi pada Program Studi adalah sebagai berikut:

 

struktur organisasi

Program Studi Ekonomi Pembangunan merupakan organ fakultas yang berfungsi melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam seperangkat bidang ilmu ekonomi.

Dalam melaksanakan fungsinya tersebut Program Studi memiliki tugas pokok:

a. bertanggung jawab dalam pengembangan dan perbaikan program studi secara berkelanjutan;
b. bertugas memobilisasi staf akademik untuk dimanfaatkan secara optimal;
c. membuat perencanaan pengembangan staf akademik.

 

Kepemimpinan

Program Studi Ekonomi Pembangunan mengembangkan dan menerapkan sistem kepemimpinan yang bersifat kolegial. Sistem ini pada prinsipnya berorientasi kepada kebersamaan. Oleh karena itu, setiap rencana kegiatan Program Studi selalu dibangun melalui pembahasan pada rapat-rapat Program Studi. Dengan demikian, proses akuntabilitas pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik karena dibangun melalui kesepakatan bersama.

Di samping itu kepemimpinan di Program Studi dibangun menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara inteltual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran dan tugas kepada seluruh unsur di Program Studi.

 

Sistem Pengelolaan

Dalam pengelolaannya, Program Studi Ekonomi Pembangunan telah menyusun rencana strategis (Renstra) untuk pengembangan Program Studi ke depan. Penyusunan renstra Program Studi ini menyesuaikan renstra yang telah dibuat oleh fakultas dan universitas. Dalam pencapaian rencana strategis tersebut, Ketua dan Sekretaris Program Studi akan memberikan penjelasannya pada rapat Program Studi sebagai bentuk dari monitoring. Selain itu, setiap semester Program Studi juga membuat laporan evaluasi diri (LED) yang dilaporkan kepada DIKTI melalui universitas. Di samping itu, Program Studi juga membuat informasi kegiatan melalui website sebagai bentuk keterbukaan terhadap publik.

Visi dan Misi

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Ilmu Ekonomi yang unggul, mandiri dan inovatif dalam bidang akademik yang mampu bersaing dalam tataran dunia global pada tahun 2020

 

Misi Program Studi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu ekonomi bagi pengembangan karakter dan profesionalisme sumber daya manusia yang didasarkan pada pemberdayaan dengan orientasi pendidikan yang  menekankan pada aspek pencarian alternatif penyelesaian masalah aktual berlandaskan kajian ilmiah, moral, dan hati nurani;
2. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang ilmu ekonomi yang memiliki kompetensi keilmuan, relevansi, dan daya saing yang kuat, serta berperilaku kecendekiawanan yang beretika; dan
3. Melaksanakan, mengembangkan, meningkatkan pendidikan, budaya penelitian dan program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi dalam rangka peningkatan kualitas akademik dan    memberikan manfaat bagi perubahan kehidupan masyarakat luas yang lebih baik.

 

 

Dalam upaya mewujudkan visi, misi dan tujuan Prodi Ekonomi Pembangunan USU tersebut, maka disusunlah strategi yang didukung oleh tata nilai utama BINTANG yang menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan, yaitu:
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinnekaan. Insan USU taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa bermohon kepada-Nya untuk segala upaya meraih keberhasilan, disertai semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda.
2. Inovatif yang berintegritas. Insan USU menyadari bahwa untuk menjadi universitas ternama, bereputasi, dan memperoleh pengakuan internasional diperlukan inovasi di berbagai bidang dengan tetap berpedoman pada kaidah etika keilmuan dan profesionalisme.
3. Tangguh dan arif. Insan USU pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam memperjuangkan cita-cita dengan tetap bersikap arif.

 

Tujuan Program Studi

1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu ekonomi dan terapannya, berdasarkan moral agama, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional;
2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu ekonomi dalam lingkup nasional dan internasional;
3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan

    pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar masyarakat mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan;
4. Mewujudkan kemandirian yang adaptif, kreatif, dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan, baik secara nasional maupun secara internasional.

 

Sasaran Program Studi

(1) Menghasilkan program pendidikan dan pengajaran, produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi.
(2) Menghasilkan kegiatan belajar dan mengajar untuk pendidikan sarjana yang menekankan pada proses berkualitas dalam bidang ilmu ekonomi.
(3) Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dalam bidang ekonomi khususnya bidang ekonomi regional, perbankan, dan ekonomi syariah.
(4) Menghasilkan lulusan berkualitas keilmuan, kewirausahaan dan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
(5) Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri (self improvement) dalam karir sebagai seorang ekonom.

 

 

Evaluasi Diri

Standar Evaluasi Diri Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

 

Standar 1: Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian

Standar 2: Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu

Standar 3: Mahasiswa dan Lulusan

Standar 4: Sumber Daya Manusia

Standar 5: Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

Standar 6: Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi

Standar 7: Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama

 

 

Malam Anugerah Prestasi

Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi USU menyelenggarakan Malam Anugerah Prestasi yang bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik terbaik setiap tahunnya. Acara ini dilaksanakan sekaligus menyambut Dies Prodi Ekonomi Pembangunan yang sekaligus bertepatan dengan Dies Fakultas Ekonomi USU.
Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Fahmi Natigor Nasution (Pembantu Dekan I FE USU) dan Penghargaan diberikan secara langsung oleh Bapak Jhon Tafbu Ritonga (Dekan Fakultas Ekonomi USU), Wahyu Ario Pratomo (Ketua Departemen Ekonomi Pembangunan) dan Irsad Lubis (Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan)

DSC02790 DSC02795 DSC02798 DSC02800 DSC02807

 

 

ALUMNI

Program Studi Ekonomi Pembangunan telah menginisiasi pembentukan Ikatan Alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan. Untuk itu, akan dilakukan rapat penyusunan formatur Ikatan Alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam waktu dekat. 

Direncanakan Pengukuhan akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2014

Pelantikan Ikatan Alumni akan dilaksanakan pada tanggal 23 November 2014 sekaligus ACARA REUNI AKBAR EKONOMI PEMBANGUNAN 2014

Mohon Partisipasi Dalam Pengisian Keanggotaan Alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan.

FORMULIR ALUMNI

DATA ALUMNI YANG SUDAH TERDAFTAR

alumni1 alumni2 alumni3 alumni4

 

FACEBOOK ALUMNI PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN FE USU