Sejarah Program Studi

Sejarah Prodi

Universitas Sumatera Utara (USU) diprakarsai oleh pemuka masyarakat Sumatera Utara dan Aceh dengan membentuk Yayasan USU dan mendirikan Fakultas Kedokteran pada 20 Agustus 1952 sebagai fakultas pertama. Menyusul kemudian Fakultas Hukum, Pertanian dan Teknik. Sementara Fakultas Ekonomi USU pertama kali didirikan oleh Yayasan USU berlokasi di Kutaraja (sekarang Kota Banda Aceh) pada tahun 1959.
 
Berhubung Fakultas Ekonomi USU yang berkedudukan di Banda Aceh menjadi bagian dari Universitas Syah Kuala, pada tahun 1961 USU membuka kembali Fakultas Ekonomi di Medan. Penetapan dilakukan dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Tinggi RI No. 64/1961 tanggal 24 November 1961 yang berlaku surut terhitung mulai 1 Oktober 1961. Berdasarkan surat keputusan tersebut, tanggal 24 Nopember diperingati sebagai hari lahir atau Dies Natalis Fakultas Ekonomi USU.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) diselenggarakan berdasarkan izin penyelenggaraan Keputusan Direktoran Jendral Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 80/DIKTI/Kep/2007 tanggal 2 April 2007 membakukan Jurusan Ekonomi Pembangunan pada Fakultas Ekonomi USU. 

Program Studi EP Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU terakhir sekali diakreditasi pada tahun 2015. Melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mendapat peringkat A sampai tanggal 29 Desember 2020. Untuk informasi tentang akreditasi program studi dapat diakses melalui Akreditasi Program Studi.