Siklus 5 GKM

Pada Siklus 5, GKM Departemen Ekonomi Pembangunan mengisi Standar 8 dan Standar 9.

 

STANDAR 8: KURIKULUM

STANDAR 8: KURIKULUM

BUTIR MUTU

SUB-BUTIR

KELENGKAPAN

KETERANGAN

(Tuliskan dokumen pendukung)

ADA

TIDAK

8.1.

Pedoman Penyusunan Kurikulum

(PLAN)

  1. a.

Prosedur penyusunan kurikulum.

 

MP Perubahan Kurikulum

Peta Kurikulum

  1. b.

Mempunyai kerangka dasar dan struktur kurikulum.

 

Evaluasi Diri

Peta Kurikulum

  1. c.

Kesesuaian dengan visi, misi, tujuan dan sasaran institusi.

 

Evaluasi Diri

Renstra Departemen

Kompetensi Lulusan

Peta Kurikulum

  1. d.

Relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan ilmu.

 

Evaluasi Diri

Tracer Study Alumni (Web)

Lokakarya KBK

 

  1. e.

Kompetensi inti sesuai tuntutan pembangunan bangsa.

 

Evaluasi Diri

  1. f.

Muatan lokal sesuai dengan kepentingan daerah.

 

Evaluasi Diri

Peta Kurikulum

Tracer Study Alumni (Web)

 

  1. g.

Derajat integrasi berbagai mata ajaran

 

Evaluasi Diri

Peta Kurikulum

 

 

  1. h.

Skripsi/tesis/disertasi/tugas akhir lainnya.

 

Buku Pedoman Penulisan Skripsi, SOP Penulisan Skripsi

  1. i.

Peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar aktif.

 

Evaluasi Diri

Kode Etik Mahasiswa

 

  1. j.

Peninjauan kurikulum secara berkala (mekanisme, pihak yang terlibat, hasil peninjauan).

 

Evaluasi Diri,

SOP Tracer Study

  1. k.

Jumlah jam real yang digunakan untuk kegiatan kuliah, praktikum/praktek/PKL

 

Evaluasi Diri

  1. l.

Budaya keselamatan kerja dalam kegiatan praktikum/praktek (ketersediaan pedoman, keefektifan pelaksanaan, dan kelengkapan peralatan.)

 

Instruksi Kerja Penggunaan Laboratorium, Instruksi Kerja Keselamatan Penggunaan Laboratorium

  1. m.

Deskripsi mata kuliah, silabus dan SAP.

 

Buku Pedoman, Silabus, GBPP, SAP

8.2

Pelaksanaan isi pedoman tersebut

(DO)

  1. a.

Mekanisme monitoring perkuliahan yang inovatif dan konsisten

 

SOP Kepuasan Pelanggan

  1. b.

Komposisi kompetensi yang terdiri dari KU, KP, dan KL. (KU= Kompetensi Utama; KP= Kompetensi Pendukung; KL= Kompetensi Lainnya)

 

 

Evaluasi Diri

8.3

Monitoring dan Evaluasi Internal

(CHECK)

  1. a.

Borang untuk monitoring dan evaluasi internal

 

SOP Kepuasan Pelanggan, SOP Mutu Pengukuran Kepuasan Pelanggan, Absensi Dosen, Website Departemen

  1. b.

Hasil dari borang direkapitulasi dan dianalisis

 

Hasil rekapitulasi kehadiran dosen, Berita Acara Rapat

8.4

Umpan balik dari masyarakat (ACTION)

 

Mekanisme umpan balik yang efektif

 

Kuesioner PenggunaWebsite Departemen

 

 

STANDAR 9: SISTEM PEMBELAJARAN

 

STANDAR 9: SISTEM PEMBELAJARAN

BUTIR MUTU

SUB-BUTIR

KELENGKAPAN

KETERANGAN

(Tuliskan dokumen pendukung)

ADA

TIDAK

9.1.

Rancangan pembelajaran

(PLAN)

  1. a.

Pedoman pengembangan rencana pembelajaran.

 

Renstra Departemen, Peta Kurikulum, SOP Penyusunan Kurikulum, Peraturan Akademik, GBPP/SAP

  1. b.

Rencana dan mutu pembelajaran

 

Evaluasi DiriWebsite Departemen

 

  1. i)Pemanfaatan sumber belajar yang mutakhir

 

Evaluasi DiriWebsite Departemen

 

  1. ii)Penerapan pola kerjasama dalam belajar (collaborative learning)

 

Laporan Seminar, Website Departemen, Renstra Departemen, Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Ketetapan Dosen Pengampu, GBBP/SAP

  1. c.

Persyaratan kelulusan dan penyelesaian studi.

 

Buku Pedoman, SOP Yudisium, SOP Penulisan SkripsiPeraturan Akademik

  1. d.

Strategi pembelajaran.

 

Silabus, GBPP/SAP, Kurikulum 

 

  1. e.

Sistem evaluasi program pembelajaran.

 

Peraturan Akademik,   Kebijakan Akademik, Manual Prosedur Survei Kepuasan PelangganWebsite survei kepuasan pelanggan secara online

 

  1. f.

Media pembelajaran.

 

Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Daftar Sarana/Prasarana

 

9.2

Kegiatan pembelajaran

(DO)

  1. a.

Kesesuaian kegiatan dengan rencana.

 

Silabus, SAP dan GBPP, Peraturan Akademik, Daftar hadir dosen dan materi perkuliahan

 

  1. b.

Dilengkapi borang

(jadwal kuliah, jadwal praktikum)

 

Jadual kuliah, Absensi Dosen, Absensi mahasiswa

9.3

Bahan pembelajaran

(CHECK)

  1. a.

Tersedianya bahan pembelajaran yang lengkap.

 

Monograph buku ekonomi, buku teks perpustakaan, ruang baca fakultas/program studi

  1. b.

Tersedianya bahan pembelajaran yang mutakhir.

 

Modul /bahan ajar, blog, Website

  1. c.

Tersedianya sarana pembelajaran yang lengkap.

 

Perpustakaan,  ruang baca, jurnal online

 

 

  1. d.

Tersedianya sarana pembelajaran yang mutakhir

 

Daftar Sarana/Prasarana, Peraturan Akademik, Manual Prosedur Penyediaan Prasarana, Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) Fakultas, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)

 

9.4

Keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran

(CHECK)

  1. a.

Borang daftar hadir

 

Daftar hadir mahasiswa, daftar hadir dosen

 

  1. b.

Borang berita acara perkuliahan

 

Daftar hadir dosen

9.5

Bimbingan akademik, penelitian dan penulisan skripsi/ tesis/disertasi dan karya tulis lainnya.

(CHECK)

  1. a.

Pedoman

(MP perwalian, MP Skripsi/MP Tesis/MP Disertasi)

 

SOP perwalian, SOP skripsi, Buku PedomanBuku Pedoman Penulisan Skripsi

  1. b.

Ketelibatan dosen dalam pembimbingan akademik

 

 

SOP perwalian, SOP Penulisan Skripsi, Buku PedomanBuku Pedoman Penulisan Skripsi

9.6

Evaluasi bahan ujian (CHECK)

  1. a.

Kesesuaian bahan ujian dengan materi pembelajaran yang diberikan.

 

Soal-soal ujian / bank soal, Peraturan Akademik, Evaluasi DiriWebsite survei kepuasan pelanggan secara online

 

  1. b.

Kesesuaian bahan ujian dengan kompetensi mata kuliah.

 

SOP Ujian komprehensif, soal ujian komprehensif

9.7

Evaluasi kemajuan dan keberhasilan belajar mahasiswa

(CHECK/ACTION)

  1. a.

Pedoman. (CHECK)

 

Peraturan AkademikBuku Pedoman

  1. b.

Pelaksanaan pedoman. (CHECK)

 

Peraturan AkademikBuku Pedoman

  1. c.

Metode evaluasi. (CHECK)

 

Peraturan AkademikBuku Pedoman

  1. d.

Umpan balik dari dosen. (ACTION)

 

SOP Kepuasan Pelanggan, Notulen Rapat Dosen

 

  1. e.

Umpan balik dari mahasiswa terhadap proses pembelajaran. (ACTION)

 

SOP Kepuasan Pelanggan

  1. f.

Pemanfaatan umpan balik dan evaluasi. (ACTION)

 

Website survei kepuasan pelanggan secara online, Tracer Study Alumni (Web), SOP perubahan kurikulum

 

 

 

HASIL AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)

MINUTES OF MEETING RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM) 

 

 

Free Joomla! templates by AgeThemes