Pada Siklus 5, GKM Departemen Ekonomi Pembangunan mengisi Standar 8 dan Standar 9.
STANDAR 8: KURIKULUM
STANDAR 8: KURIKULUM |
BUTIR MUTU |
SUB-BUTIR |
KELENGKAPAN |
KETERANGAN (Tuliskan dokumen pendukung) |
||
ADA |
TIDAK |
|||||
8.1. |
Pedoman Penyusunan Kurikulum (PLAN) |
|
Prosedur penyusunan kurikulum. |
√ |
|
|
|
Mempunyai kerangka dasar dan struktur kurikulum. |
√ |
|
|||
|
Kesesuaian dengan visi, misi, tujuan dan sasaran institusi. |
√ |
|
|||
|
Relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan ilmu. |
√ |
|
Lokakarya KBK
|
||
|
Kompetensi inti sesuai tuntutan pembangunan bangsa. |
√ |
|
|||
|
Muatan lokal sesuai dengan kepentingan daerah. |
√ |
|
|
||
|
Derajat integrasi berbagai mata ajaran |
√ |
|
|
||
|
Skripsi/tesis/disertasi/tugas akhir lainnya. |
√ |
|
|||
|
Peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar aktif. |
√ |
|
|
||
|
Peninjauan kurikulum secara berkala (mekanisme, pihak yang terlibat, hasil peninjauan). |
√ |
|
|||
|
Jumlah jam real yang digunakan untuk kegiatan kuliah, praktikum/praktek/PKL |
√ |
|
|||
|
Budaya keselamatan kerja dalam kegiatan praktikum/praktek (ketersediaan pedoman, keefektifan pelaksanaan, dan kelengkapan peralatan.) |
√ |
|
Instruksi Kerja Penggunaan Laboratorium, Instruksi Kerja Keselamatan Penggunaan Laboratorium |
||
|
Deskripsi mata kuliah, silabus dan SAP. |
√ |
|
Buku Pedoman, Silabus, GBPP, SAP |
||
8.2 |
Pelaksanaan isi pedoman tersebut (DO) |
|
Mekanisme monitoring perkuliahan yang inovatif dan konsisten |
√ |
|
|
|
Komposisi kompetensi yang terdiri dari KU, KP, dan KL. (KU= Kompetensi Utama; KP= Kompetensi Pendukung; KL= Kompetensi Lainnya)
|
√ |
|
|||
8.3 |
Monitoring dan Evaluasi Internal (CHECK) |
|
Borang untuk monitoring dan evaluasi internal |
√ |
|
SOP Kepuasan Pelanggan, SOP Mutu Pengukuran Kepuasan Pelanggan, Absensi Dosen, Website Departemen |
|
Hasil dari borang direkapitulasi dan dianalisis |
√ |
|
Hasil rekapitulasi kehadiran dosen, Berita Acara Rapat |
||
8.4 |
Umpan balik dari masyarakat (ACTION) |
|
Mekanisme umpan balik yang efektif |
√ |
|
STANDAR 9: SISTEM PEMBELAJARAN
STANDAR 9: SISTEM PEMBELAJARAN |
BUTIR MUTU |
SUB-BUTIR |
KELENGKAPAN |
KETERANGAN (Tuliskan dokumen pendukung) |
||
ADA |
TIDAK |
|||||
9.1. |
Rancangan pembelajaran (PLAN) |
|
Pedoman pengembangan rencana pembelajaran. |
√ |
|
Renstra Departemen, Peta Kurikulum, SOP Penyusunan Kurikulum, Peraturan Akademik, GBPP/SAP |
|
Rencana dan mutu pembelajaran |
√ |
|
|||
|
|
√ |
|
|||
|
|
√ |
|
Laporan Seminar, Website Departemen, Renstra Departemen, Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Ketetapan Dosen Pengampu, GBBP/SAP |
||
|
Persyaratan kelulusan dan penyelesaian studi. |
√ |
|
Buku Pedoman, SOP Yudisium, SOP Penulisan Skripsi, Peraturan Akademik |
||
|
Strategi pembelajaran. |
√ |
|
Silabus, GBPP/SAP, Kurikulum
|
||
|
Sistem evaluasi program pembelajaran. |
√ |
|
Peraturan Akademik, Kebijakan Akademik, Manual Prosedur Survei Kepuasan Pelanggan, Website survei kepuasan pelanggan secara online
|
||
|
Media pembelajaran. |
√ |
|
Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Daftar Sarana/Prasarana
|
||
9.2 |
Kegiatan pembelajaran (DO) |
|
Kesesuaian kegiatan dengan rencana. |
√ |
|
Silabus, SAP dan GBPP, Peraturan Akademik, Daftar hadir dosen dan materi perkuliahan
|
|
Dilengkapi borang (jadwal kuliah, jadwal praktikum) |
√ |
|
Jadual kuliah, Absensi Dosen, Absensi mahasiswa |
||
9.3 |
Bahan pembelajaran (CHECK) |
|
Tersedianya bahan pembelajaran yang lengkap. |
√ |
|
Monograph buku ekonomi, buku teks perpustakaan, ruang baca fakultas/program studi |
|
Tersedianya bahan pembelajaran yang mutakhir. |
√ |
|
Modul /bahan ajar, blog, Website |
||
|
Tersedianya sarana pembelajaran yang lengkap. |
√ |
|
Perpustakaan, ruang baca, jurnal online |
||
|
|
|
Tersedianya sarana pembelajaran yang mutakhir |
√ |
|
Daftar Sarana/Prasarana, Peraturan Akademik, Manual Prosedur Penyediaan Prasarana, Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) Fakultas, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)
|
9.4 |
Keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran (CHECK) |
|
Borang daftar hadir |
√ |
|
Daftar hadir mahasiswa, daftar hadir dosen |
|
|
Borang berita acara perkuliahan |
√ |
|
Daftar hadir dosen |
|
9.5 |
Bimbingan akademik, penelitian dan penulisan skripsi/ tesis/disertasi dan karya tulis lainnya. (CHECK) |
|
Pedoman (MP perwalian, MP Skripsi/MP Tesis/MP Disertasi) |
√ |
|
SOP perwalian, SOP skripsi, Buku Pedoman, Buku Pedoman Penulisan Skripsi |
|
Ketelibatan dosen dalam pembimbingan akademik
|
√ |
|
SOP perwalian, SOP Penulisan Skripsi, Buku Pedoman, Buku Pedoman Penulisan Skripsi |
||
9.6 |
Evaluasi bahan ujian (CHECK) |
|
Kesesuaian bahan ujian dengan materi pembelajaran yang diberikan. |
√ |
|
Soal-soal ujian / bank soal, Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Website survei kepuasan pelanggan secara online
|
|
Kesesuaian bahan ujian dengan kompetensi mata kuliah. |
√ |
|
|||
9.7 |
Evaluasi kemajuan dan keberhasilan belajar mahasiswa (CHECK/ACTION) |
|
Pedoman. (CHECK) |
√ |
|
|
|
Pelaksanaan pedoman. (CHECK) |
√ |
|
|||
|
Metode evaluasi. (CHECK) |
√ |
|
|||
|
Umpan balik dari dosen. (ACTION) |
√ |
|
SOP Kepuasan Pelanggan, Notulen Rapat Dosen
|
||
|
Umpan balik dari mahasiswa terhadap proses pembelajaran. (ACTION) |
√ |
|
|||
|
Pemanfaatan umpan balik dan evaluasi. (ACTION) |
√ |
|
Website survei kepuasan pelanggan secara online, Tracer Study Alumni (Web), SOP perubahan kurikulum
|
HASIL AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)
MINUTES OF MEETING RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM)