Berita Duka

Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi USU kehilangan seorang pemimpin, tokoh yang menjadi panutan, inspirator, pembawa perubahan, ekonom senior, motivator, dan tokoh pencerahan, Bapak Jhon Tafbu Ritonga. Beliau wafat dengan sangat cepat dan tenang di Rumah Sakit Materna, Jalan Teuku Umar, Medan pada tanggal 5 November 2012 Pukul 10.50 Wib. 

Setelah disemayamkan di kediaman, Jalan Tri Dharma No. 124 Medan, jenazah dibawa ke Desa Sigabu Jae, Kecamatan Aek Buru Kabupaten Labuhan Batu. Sekitar pukul 22.30 malam, jenazah dikebumikan. 

Almarhum memiliki sejuta kenangan bagi Departemen Ekonomi Pembangunan. Tulisan dan pernyataan beliau telah menjadi referensi ekonomi bagi masyarakat Indonesia, sehingga beliau telah menjadi salah satu ekonom terkemuka di Indonesia. Karya-karya ilmiah yang dihasilkan Bapak Jhon Tafbu Ritonga sangat banyak, bahkan selalu ada hal baru yang diungkapkannya setiap hari. Beliau telah membangun tonggak sejarah membangun Fakultas Ekonomi USU menjadi salah satu Fakultas Ekonomi terbaik di Indonesia. Upaya, kontribusi dan pemikiran beliau telah memberikan sumbangan besar bagi kemajuan ekonomi Sumatera Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Selamat Jalan Pak Jhon. Seluruh ajaran dan referensi yang telah Bapak berikan, akan kami teruskan. Sayangnya, kitab ekonomi yang Bapak miliki, masih sedikit kami pelajari. Entah kapan lagi kami mendapat bagian terbesar dari kitab tersebut. Kami dan Indonesia berterima kasih atas jasa-jasa Bapak yang tidak ternilai dengan apapun. Kami berdo'a agar Allah swt memberikan rahmatNya atas semua amalan Bapak.

Selamat jalan Pak Jhon. Semangat dan cita-cita Bapak akan kami teruskan.

Free Joomla! templates by AgeThemes