Akademik

 Roadmap Kurikulum Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan (DOWNLOAD)

 

 

Semester I

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Pendidikan Agama Islam

2

UNI1201

Pendidikan  Agama Katolik

2

UNI1202

Pendidikan  Agama Protestan

2

UNI1203

Pendidikan  Agama Budha

2

UNI1204

Pendidikan  Agama Hindu

2

UNI1205

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3

UNI1211

3

Matematika Ekonomi dan Bisnis

3

FEB1201

4

Bahasa Inggris

3

UNI1208

5

Pengantar Akuntansi I

3

FEB1202

6

Pengantar Bisnis

3

FEB1203

7

Pengantar Ekonomi Mikro

3

FEB1204

Jumlah SKS

20

       

Semester II

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Pengantar Ekonomi Makro

3

FEB1205

2

Sosiologi Ekonomi

2

FEB1206

3

Hukum Bisnis

2

FEB1207

4

Manajemen

3

FEB1208

5

Pengantar Akuntansi II

3

FEB1209

6

Bahasa Indonesia

2

UNI1207

7

Statistik Ekonomi dan Bisnis

3

FEB1210

8

Komputerisasi Ekonomi dan Bisnis

2

FEB1211p

Jumlah SKS

20

       

Semester III

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Pengantar Ekonomi Pembangunan

3

FEB2212

2

Ekonomi Koperasi dan UMKM

3

EKP2201

3

Ekonomi Sumber Daya Manusia

3

EKP2202

4

Matematika Keuangan

3

EKP2203

FEB1201

5

Sejarah Pemikiran Ekonomi

3

EKP2204

6

Teori Ekonomi Mikro

3

EKP2205

FEB1204

7

Sistem Ekonomi

3

EKP2206

Jumlah SKS

21

     

  Semester IV

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Ekonomi Internasional

3

EKP2207

2

Ekonomi Sumber Daya Alam

3

EKP2208

3

Pengantar Ekonomi Moneter

3

EKP2209

4

Statistik Non Parametrik

3

EKP2210

FEB1210

5

Ekonomi Pembangunan

3

EKP2211

FEB2212

6

Pengantar Ekonometrika

3

EKP2212

FEB1210

7

Teori Ekonomi Makro

3

EKP2213

FEB1205

Jumlah SKS

21

 

   

Semester V

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Keuangan Negara

3

EKP3214

2

Ekonometrika

3

EKP3215

EKP2212

3

Lembaga Keuangan

3

EKP3216

4

Ekonomi Moneter

3

EKP3217

5

Teori Ekonomi Mikro Lanjutan

2

EKP3218

EKP2213

6

Perencanaan Pembangunan

3

EKP3219

7

Evaluasi Proyek

3

EKP3220

Jumlah SKS

20

 

   

Semester VI

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Analisis Kependudukan

3

EKP3221

2

Teori Ekonomi Makro Lanjutan

2

EKP3222

EKP2213

3

Ekonomi Regional

3

EKP3223

4

Metodologi Penelitian

3

FEB3213

FEB1201,

FEB1210

5

Kebanksentralan

3

EKP3224

6

Ekonomi Internasional II

3

EKP3225

EKP2207

7

Kewirausahaan dan Etika Bisnis

2

EKP3226

Jumlah SKS

19

       

 Semester VII (Konsentrasi Perbankan)

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Perekonomian Indonesia

3

FEB4214

EKP2205,

EKP2213

2

Pilihan I

2

3

Pilihan II

2

4

Perbankan Syariah

3

EKP4227

5

Manajemen Dana Bank

3

EKP4228

6

Akuntansi dan Audit Bank

3

EKP4229

7

Pasar Uang dan Modal

3

EKP4230

Jumlah SKS

19

 

   

Semester VII (Konsentrasi Ekonomi Islam)

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Perekonomian Indonesia

3

FEB4214

EKP2205,

EKP2213

2

Pilihan I

2

3

Pilihan II

2

4

Analisis Ekonomi Islam

3

EKP4231

5

Institusi Pembangunan Islam

3

EKP4232

6

Fiqih Mualamat

3

EKP4233

7

Perbankan Syariah

3

EKP4227

Jumlah SKS

19

 

   

Semester VII (Konsentrasi Ekonomi Pertanian)

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Perekonomian Indonesia

3

FEB4214

EKP2205,

EKP2213

2

Pilihan I

2

3

Pilihan II

2

4

Agribisnis

3

EKP4234

5

Ekonomi Pertanian

3

EKP4235

6

Ekonomi Lingkungan

3

EKP4236

7

Ekonomi SDA Lanjutan

3

EKP4237

EKP2208

Jumlah SKS

19

 

 

   

Semester VII (Konsentrasi Perencanaan)

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Perekonomian Indonesia

3

FEB4214

EKP2205,

EKP2213

2

Pilihan I

2

3

Pilihan II

2

4

Ekonomi Industri

3

EKP4238

5

Ekonomi Transportasi

3

EKP4239

6

Ekonomi Perkotaan

3

EKP4240

7

Keuangan Daerah

3

EKP4241

Jumlah SKS

19

       

Semester VIII

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Skripsi*

4

FEB4215

120 SKS

2

Ujian Komprehensif

2

FEB4216

110 SKS

FEB3213

Jumlah SKS

6

       

* Keterangan:

- Seminar Proposal Skripsi         1 SKS

- Penulisan Skripsi                      2 SKS

- Ujian Skripsi                             1 SKS

 Mata Kuliah Pilihan

   

NO

MATA KULIAH

SKS

KODE

PRASYARAT

1

Ekonomi ASEAN

2

EKP4242

2

Ekonomi Politik

2

EKP4243

3

Manajemen Keuangan

2

EKP4244

4

Teknik Komunikasi

2

EKP4245

5

Anatomi  Institusi

2

EKP4246

6

Ekonomi Kelembagaan

2

EKP4247

7

Keuangan Internasional

2

EKP4248

8

Bahasa Inggris Lanjutan

2

EKP4249

UNI1208

 

 

Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Ujian Komprehensif Program S1 Program Studi Ekonomi Pembangunan USU bertujuan untuk memberikan informasi yang lengkap kepada mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir. Dengan buku pedoman ini mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studinya lebih efisien dan efektif karena proses penyelesaian administrasi skripsi tidak lagi menjadi faktor yang memperlambat. Klik pada gambar berikut jika Anda ingin mengunduh.

 

BUKU PEDOMAN SKRIPSI EP USU

      TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU

 

 

Sistem Tata Pamong

Transfromasi status USU menjadi entitas hukum menghendaki perubahan tata pamong yang lebih efektif, efisien, berkelanjutan dan akuntabel. Perubahan sistem tata pamong juga berlaku di Program Studi Ekonomi Pembangunan – Departemen Ekonomi Pembangunan. Dengan sistem tata pamong baru, diharapkan program studi menjadi program studi yang inovatif dimana seluruh aktivitasnya diarahkan kepada excellent academic performance sehingga menjadi suatu reputasi yang membanggakan bagi stakeholders.

Pelaksanaan tata pamong di Program Studi dan Departemen mengikuti prinsip-prinsip transparansi, demokrasi, bertanggung jawab dan adil didalam pengambilan keputusan. Legalitas eksistensi Program Studi dinyatakan dalam AD/ART USU. Legalitas ini sebagai landasan bahwa Program Studi kredibel dan tidak diragukan. Kebijakan di tingkat Program Studi didasarkan pada hasil rapat dosen dan disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika sehingga terwujud transparansi yang baik.

Sistem Pengelolaan

Perubahan USU menjadi PTN BH melalui PP. No. 16 tahun 2014, mengharuskan USU melakukan perubahan tata pamong yang lebih efektif, efisien, berkelanjutan dan akuntabel. Pengelolaan Fakultas dan Program Studi pada prinsipnya dilakukan secara integratif dan koordinatif. Dalam rangka pengembangan tata pamong yang baik tersebut, maka struktur organisasi yang terdapat dan terdokumentasi pada Program Studi adalah sebagai berikut:

 

struktur organisasi

Program Studi Ekonomi Pembangunan merupakan organ fakultas yang berfungsi melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam seperangkat bidang ilmu ekonomi.

Dalam melaksanakan fungsinya tersebut Program Studi memiliki tugas pokok:

a. bertanggung jawab dalam pengembangan dan perbaikan program studi secara berkelanjutan;
b. bertugas memobilisasi staf akademik untuk dimanfaatkan secara optimal;
c. membuat perencanaan pengembangan staf akademik.

 

Kepemimpinan

Program Studi Ekonomi Pembangunan mengembangkan dan menerapkan sistem kepemimpinan yang bersifat kolegial. Sistem ini pada prinsipnya berorientasi kepada kebersamaan. Oleh karena itu, setiap rencana kegiatan Program Studi selalu dibangun melalui pembahasan pada rapat-rapat Program Studi. Dengan demikian, proses akuntabilitas pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik karena dibangun melalui kesepakatan bersama.

Di samping itu kepemimpinan di Program Studi dibangun menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara inteltual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran dan tugas kepada seluruh unsur di Program Studi.

 

Sistem Pengelolaan

Dalam pengelolaannya, Program Studi Ekonomi Pembangunan telah menyusun rencana strategis (Renstra) untuk pengembangan Program Studi ke depan. Penyusunan renstra Program Studi ini menyesuaikan renstra yang telah dibuat oleh fakultas dan universitas. Dalam pencapaian rencana strategis tersebut, Ketua dan Sekretaris Program Studi akan memberikan penjelasannya pada rapat Program Studi sebagai bentuk dari monitoring. Selain itu, setiap semester Program Studi juga membuat laporan evaluasi diri (LED) yang dilaporkan kepada DIKTI melalui universitas. Di samping itu, Program Studi juga membuat informasi kegiatan melalui website sebagai bentuk keterbukaan terhadap publik.

Pada Siklus 5, GKM Departemen Ekonomi Pembangunan mengisi Standar 8 dan Standar 9.

 

STANDAR 8: KURIKULUM

STANDAR 8: KURIKULUM

BUTIR MUTU

SUB-BUTIR

KELENGKAPAN

KETERANGAN

(Tuliskan dokumen pendukung)

ADA

TIDAK

8.1.

Pedoman Penyusunan Kurikulum

(PLAN)

  1. a.

Prosedur penyusunan kurikulum.

 

MP Perubahan Kurikulum

Peta Kurikulum

  1. b.

Mempunyai kerangka dasar dan struktur kurikulum.

 

Evaluasi Diri

Peta Kurikulum

  1. c.

Kesesuaian dengan visi, misi, tujuan dan sasaran institusi.

 

Evaluasi Diri

Renstra Departemen

Kompetensi Lulusan

Peta Kurikulum

  1. d.

Relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan ilmu.

 

Evaluasi Diri

Tracer Study Alumni (Web)

Lokakarya KBK

 

  1. e.

Kompetensi inti sesuai tuntutan pembangunan bangsa.

 

Evaluasi Diri

  1. f.

Muatan lokal sesuai dengan kepentingan daerah.

 

Evaluasi Diri

Peta Kurikulum

Tracer Study Alumni (Web)

 

  1. g.

Derajat integrasi berbagai mata ajaran

 

Evaluasi Diri

Peta Kurikulum

 

 

  1. h.

Skripsi/tesis/disertasi/tugas akhir lainnya.

 

Buku Pedoman Penulisan Skripsi, SOP Penulisan Skripsi

  1. i.

Peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar aktif.

 

Evaluasi Diri

Kode Etik Mahasiswa

 

  1. j.

Peninjauan kurikulum secara berkala (mekanisme, pihak yang terlibat, hasil peninjauan).

 

Evaluasi Diri,

SOP Tracer Study

  1. k.

Jumlah jam real yang digunakan untuk kegiatan kuliah, praktikum/praktek/PKL

 

Evaluasi Diri

  1. l.

Budaya keselamatan kerja dalam kegiatan praktikum/praktek (ketersediaan pedoman, keefektifan pelaksanaan, dan kelengkapan peralatan.)

 

Instruksi Kerja Penggunaan Laboratorium, Instruksi Kerja Keselamatan Penggunaan Laboratorium

  1. m.

Deskripsi mata kuliah, silabus dan SAP.

 

Buku Pedoman, Silabus, GBPP, SAP

8.2

Pelaksanaan isi pedoman tersebut

(DO)

  1. a.

Mekanisme monitoring perkuliahan yang inovatif dan konsisten

 

SOP Kepuasan Pelanggan

  1. b.

Komposisi kompetensi yang terdiri dari KU, KP, dan KL. (KU= Kompetensi Utama; KP= Kompetensi Pendukung; KL= Kompetensi Lainnya)

 

 

Evaluasi Diri

8.3

Monitoring dan Evaluasi Internal

(CHECK)

  1. a.

Borang untuk monitoring dan evaluasi internal

 

SOP Kepuasan Pelanggan, SOP Mutu Pengukuran Kepuasan Pelanggan, Absensi Dosen, Website Departemen

  1. b.

Hasil dari borang direkapitulasi dan dianalisis

 

Hasil rekapitulasi kehadiran dosen, Berita Acara Rapat

8.4

Umpan balik dari masyarakat (ACTION)

 

Mekanisme umpan balik yang efektif

 

Kuesioner PenggunaWebsite Departemen

 

 

STANDAR 9: SISTEM PEMBELAJARAN

 

STANDAR 9: SISTEM PEMBELAJARAN

BUTIR MUTU

SUB-BUTIR

KELENGKAPAN

KETERANGAN

(Tuliskan dokumen pendukung)

ADA

TIDAK

9.1.

Rancangan pembelajaran

(PLAN)

  1. a.

Pedoman pengembangan rencana pembelajaran.

 

Renstra Departemen, Peta Kurikulum, SOP Penyusunan Kurikulum, Peraturan Akademik, GBPP/SAP

  1. b.

Rencana dan mutu pembelajaran

 

Evaluasi DiriWebsite Departemen

 

  1. i)Pemanfaatan sumber belajar yang mutakhir

 

Evaluasi DiriWebsite Departemen

 

  1. ii)Penerapan pola kerjasama dalam belajar (collaborative learning)

 

Laporan Seminar, Website Departemen, Renstra Departemen, Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Ketetapan Dosen Pengampu, GBBP/SAP

  1. c.

Persyaratan kelulusan dan penyelesaian studi.

 

Buku Pedoman, SOP Yudisium, SOP Penulisan SkripsiPeraturan Akademik

  1. d.

Strategi pembelajaran.

 

Silabus, GBPP/SAP, Kurikulum 

 

  1. e.

Sistem evaluasi program pembelajaran.

 

Peraturan Akademik,   Kebijakan Akademik, Manual Prosedur Survei Kepuasan PelangganWebsite survei kepuasan pelanggan secara online

 

  1. f.

Media pembelajaran.

 

Peraturan Akademik, Evaluasi Diri, Daftar Sarana/Prasarana

 

9.2

Kegiatan pembelajaran

(DO)

  1. a.

Kesesuaian kegiatan dengan rencana.

 

Silabus, SAP dan GBPP, Peraturan Akademik, Daftar hadir dosen dan materi perkuliahan

 

  1. b.

Dilengkapi borang

(jadwal kuliah, jadwal praktikum)

 

Jadual kuliah, Absensi Dosen, Absensi mahasiswa

9.3

Bahan pembelajaran

(CHECK)

  1. a.

Tersedianya bahan pembelajaran yang lengkap.

 

Monograph buku ekonomi, buku teks perpustakaan, ruang baca fakultas/program studi

  1. b.

Tersedianya bahan pembelajaran yang mutakhir.

 

Modul /bahan ajar, blog, Website

  1. c.

Tersedianya sarana pembelajaran yang lengkap.

 

Perpustakaan,  ruang baca, jurnal online

 

 

  1. d.

Tersedianya sarana pembelajaran yang mutakhir

 

Daftar Sarana/Prasarana, Peraturan Akademik, Manual Prosedur Penyediaan Prasarana, Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) Fakultas, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)

 

9.4

Keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran

(CHECK)

  1. a.

Borang daftar hadir

 

Daftar hadir mahasiswa, daftar hadir dosen

 

  1. b.

Borang berita acara perkuliahan

 

Daftar hadir dosen

9.5

Bimbingan akademik, penelitian dan penulisan skripsi/ tesis/disertasi dan karya tulis lainnya.

(CHECK)

  1. a.

Pedoman

(MP perwalian, MP Skripsi/MP Tesis/MP Disertasi)

 

SOP perwalian, SOP skripsi, Buku PedomanBuku Pedoman Penulisan Skripsi

  1. b.

Ketelibatan dosen dalam pembimbingan akademik

 

 

SOP perwalian, SOP Penulisan Skripsi, Buku PedomanBuku Pedoman Penulisan Skripsi

9.6

Evaluasi bahan ujian (CHECK)

  1. a.

Kesesuaian bahan ujian dengan materi pembelajaran yang diberikan.

 

Soal-soal ujian / bank soal, Peraturan Akademik, Evaluasi DiriWebsite survei kepuasan pelanggan secara online

 

  1. b.

Kesesuaian bahan ujian dengan kompetensi mata kuliah.

 

SOP Ujian komprehensif, soal ujian komprehensif

9.7

Evaluasi kemajuan dan keberhasilan belajar mahasiswa

(CHECK/ACTION)

  1. a.

Pedoman. (CHECK)

 

Peraturan AkademikBuku Pedoman

  1. b.

Pelaksanaan pedoman. (CHECK)

 

Peraturan AkademikBuku Pedoman

  1. c.

Metode evaluasi. (CHECK)

 

Peraturan AkademikBuku Pedoman

  1. d.

Umpan balik dari dosen. (ACTION)

 

SOP Kepuasan Pelanggan, Notulen Rapat Dosen

 

  1. e.

Umpan balik dari mahasiswa terhadap proses pembelajaran. (ACTION)

 

SOP Kepuasan Pelanggan

  1. f.

Pemanfaatan umpan balik dan evaluasi. (ACTION)

 

Website survei kepuasan pelanggan secara online, Tracer Study Alumni (Web), SOP perubahan kurikulum

 

 

 

HASIL AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)

MINUTES OF MEETING RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM) 

 

 

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Ilmu Ekonomi yang unggul, mandiri dan inovatif dalam bidang akademik yang mampu bersaing dalam tataran dunia global pada tahun 2020

 

Misi Program Studi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu ekonomi bagi pengembangan karakter dan profesionalisme sumber daya manusia yang didasarkan pada pemberdayaan dengan orientasi pendidikan yang  menekankan pada aspek pencarian alternatif penyelesaian masalah aktual berlandaskan kajian ilmiah, moral, dan hati nurani;
2. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang ilmu ekonomi yang memiliki kompetensi keilmuan, relevansi, dan daya saing yang kuat, serta berperilaku kecendekiawanan yang beretika; dan
3. Melaksanakan, mengembangkan, meningkatkan pendidikan, budaya penelitian dan program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi dalam rangka peningkatan kualitas akademik dan    memberikan manfaat bagi perubahan kehidupan masyarakat luas yang lebih baik.

 

 

Dalam upaya mewujudkan visi, misi dan tujuan Prodi Ekonomi Pembangunan USU tersebut, maka disusunlah strategi yang didukung oleh tata nilai utama BINTANG yang menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan, yaitu:
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinnekaan. Insan USU taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa bermohon kepada-Nya untuk segala upaya meraih keberhasilan, disertai semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda.
2. Inovatif yang berintegritas. Insan USU menyadari bahwa untuk menjadi universitas ternama, bereputasi, dan memperoleh pengakuan internasional diperlukan inovasi di berbagai bidang dengan tetap berpedoman pada kaidah etika keilmuan dan profesionalisme.
3. Tangguh dan arif. Insan USU pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam memperjuangkan cita-cita dengan tetap bersikap arif.

 

Tujuan Program Studi

1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu ekonomi dan terapannya, berdasarkan moral agama, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional;
2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu ekonomi dalam lingkup nasional dan internasional;
3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan

    pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar masyarakat mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan;
4. Mewujudkan kemandirian yang adaptif, kreatif, dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan, baik secara nasional maupun secara internasional.

 

Sasaran Program Studi

(1) Menghasilkan program pendidikan dan pengajaran, produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi.
(2) Menghasilkan kegiatan belajar dan mengajar untuk pendidikan sarjana yang menekankan pada proses berkualitas dalam bidang ilmu ekonomi.
(3) Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dalam bidang ekonomi khususnya bidang ekonomi regional, perbankan, dan ekonomi syariah.
(4) Menghasilkan lulusan berkualitas keilmuan, kewirausahaan dan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
(5) Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri (self improvement) dalam karir sebagai seorang ekonom.

 

 

Free Joomla! templates by AgeThemes